Kamis, 14 Oktober 2010

Indonesia Career Expo 2010 (part 1)


Kemaren gue berkunjung ke Indonesia Career Expo 2010 yang diadain oleh jobstreet.com, telkomsel, dan ITT Telkom. Well, sebenarnya , acara job expo semacam ini udah jadi inceran gue beberapa waktu yang lalu. Saking ngincernya gue sampe rela browsing dan cari" info mengenai job expo yang akan diadain dalam waktu" dekat di  Bandung. Dan setelah beberapa kali browsing di Google, akhirnya gue mendapatkan jadwal jobexpo di daerah Bandung dari jobstreet.com

Finally, hari yang ditunggu pun datang. Hahaha.. meuni geleuh kaya hari yang special gimana gitu yaak?! Ya, yang jelas event semacam jobexpo kaya gini adalah sesuatu yang gue tunggu", soalnya ini jadi kesempatan emas buat gue untuk cari kerja. Setelah kesempatan emas buat cpns depkes yang selangkah lagi mau gue ikutin akhirnya terjegal hanya gara" masalah birokrasi, alias keribetan beresin ijazah cuma karena belum dapet tanda tangan rektor, jadi gue gak bisa melengkapi berkas buat dikirim sebagai kelengkapan pendaftaran online.

Flashback sebentar kepada kegagalan gue melanjutkan pendaftaran ke cpns depkes... Ada kesedihan dan kekecewaan mendalam yang gue rasakan. Boro" bisa ikutan tesnya, mau daftar aja gak  bisa  cuma gara" ijazah gue belum beres karena belum ditandatanganin rektor. Padahal gue udah berjuang setengah mati ngurus" SKCK, kartu kuning sebagai syarat kelengkapan ikutan cpns. Tapi nyatanya itu kebentur cuma gara" masalah ijazah! Sebeeelll.. bgt! Sedih... Kecewa yang gak bisa diungkapkan.. Rasanya nyesekk gimana gitu.. perjuangan gue dengan begitu mudahnya dihancurkan cuma gara" masalah ini. Padahal gak tiap tahun depkes buka formasi lowongan cpns untuk S1 Keperawatan... Rasanya berkurang satu kesempatan berharga untuk gue..Rasanya harapan gue untuk segera dapet kerja makin menipis, ya meskipun cpns bukan satu"nya jalan yang bisa kasih gue kerjaan dan belum tentu keterima juga, cuma tetep aja gondok di hati!

Dan, okelah gue pun mulai bisa menerima kenyataan itu. Toh selama ini hidup itu tidak selalu sesuai apa yang kita inginkan. Dan.. tentunya masih ada banyak kesempatan lain di luar, salah satunya ya dengan jobexpo ini.

Oke, back to job expo. Seperti yang udah gue bilang kalau gue sangat antusias akan adanya job expo ini, makannya gue jauh" hari udah nyiapin segala sesuatunya  salah satunya legalisir transkrip nilai dan surat keterangan lulus. Oia, FYI, buat kmu yang baru pertama datang ke job expo atau job fair semacam ini, ada beberapa hal yang harus kamu siapin, diantaranya adalah:
  1. CV atau daftar riwayat hidup yang dibuat semenarik mungkin dan dicopy sebanyak-banyaknya.
  2. Surat lamaran atau application letter yang diketik dan dikosongkan di bagian posisi juga alamat yang ditujukan. Biasanya kalau job expo gitu, kan kita belum tau mau masukin lamaran di perusahaan mana dan dengan posisi apa. Jadi pas nyampe sana kita  bisa menuliskan dengan menggunakan pulpen dibagian yang kita kosongkan itu.
  3. Pas foto warna 3x4 dan 4x6 sebanyak-banyaknya dengan pose yang formal yaa...
  4. Fotocopy KTP
  5. Foto copy ijazah atau kalau yang belum keluar ijazahnya (seperti gue) bisa pake SKL (Surat Keterangan Lulus) yang tentunya udah di cap atau dilegalisir pejabat kampus setempat.
  6. Foto copy transkrip nilai yang juga udah dilegalisir (optional)
  7. Amplop cokelat bertali ukuran A4 sebanyak-banyaknya.. Tapi biasanya kalau di job expo kaya gitu jarang perusahaan yang minta di amplopin. Tapi siapin aja..
  8. Sertifikat yang bisa menunjang CV kamu misalnya TOEFL, atau sertifikat dari Lomba-lomba yang pernah kamu ikutin
  9. Duit untuk biaya pendaftaran, biasanya sekitar 20ribu
Saran gue, kita harus mempersiapkan semua berkas-berkas di atas pas masih di rumah, dengan cara di satukan dengan penjepit kertas yang kecil (kalau bisa jangan pake staples soalnya kalau dicabut bisa sobek). Jadi pas nyampe sana begitu kita mau drop CV kita gak perlu repot-repot menyatukannya, soalnya di sana itu pasti penuh dan ribet.

Yap, selanjutnya gue bakal sedikit share pengalaman mengautis gue di job expo kemaren! Berangkat pagi dari Jatinangor dengan tujuan supaya masih fresh dan gak banyak orang. Awalnya janjian bareng temen senasib yang juga gak ikutan profesi, tapi karena suatu hal akhirnya kita gak bareng dan dia gak jadi dateng ke job expo, simpelnya... gue berangkat sendiri.. 

Sebenarmya ada perasaan kecewa siy, soalnya awalnya kita emang janjian mau ke sana bareng, tapi yasudahlah mungkin emang udah jalannya gue harus benar" berjuang sendiri... Daaaaan... sesampainya disana, ternyata orang" berpakaian rapi udah berjubel di area pintu masuk landmark braga. Rata-rata berpakaian formal dan menggunakan kemeja. Oia, FYI juga, kalau mau dateng ke acara job expo gitu, sebaiknya pakailah pakaian yang formal dan rapi, kaya kita mau dateng ke wawancara kerja aja. Jadi sebisa mungkin pakai kemeja, celana bahan (buat cowok), rok, dan sepatu. Soalnya, biasanya setahu gue, acara job expo kaya gitu, kalau kita beruntung kita bisa langsung ikutan tes dan wawancara! Jadi prepare your self, well!

Sesampainya di sana, gue langsung mengantri untuk mendaftar dan membayar tiket masuk seharga 20ribu! Setelah tiket didapatkan, gue masuk sambil dikasih cap dibagian tangan sebagai tanda kalau kita adalah bagian dari peserta job expo. Pada job expo kali ini, ada sekitar 30an perusahaan yang membuka stand dan lowongan kerja. Mulai dari Telkomsel, bank Mandiri, PT AXA MANDIRI, bank sinarmas, Kalbe Farma, Axioo dan masih banyak perusahaan lainnya.

Stand paling pertama yang gue kunjungi adalah stand-nya Telkomsel secara itu stand yang paling depan. Tapi begitu liat lowongannya gue langsung cabut, secara itu sebagian besar buat mereka yang lulusan teknik. Sementara gue lulusan S1 Keperawatan. Oke.. beralih dari satu stand ke stand lain... Dan akhirnya gue memasukkan sekitar 6 surat lamaran ke 6 perusahaan. Dan dari semua lowongan itu, gak ada yang spesifik untuk sarjana keperawatan, ada siy satu buat keperawatan, tapi untuk D3 dan nantinya bakal jadi perawat. hahaha... bukan gue bangettt! :P

Setelah puas muter" kesana kemari mengunjungi satu persatu stand perusahaan yang ada, akhirnya gue memutuskan untuk duduk di area depan panggung. Ya lumayanlah istirahat sejenak sambil menunggu pengumuman apakah gue lolos seleksi administrasi yang di adain sama PT AXA MANDIRI dan Bank Mandiri. Kalau untuk PT AXA Mandiri katanya nanti kita di sms dan kalau lolos kita bisa langsung interview hari itu juga jam 13.30. Sementara kalau bank Mandiri kita harus nunggu sampai jam 3 apakah kita bisa lolos untuk ikut interview hari berikutnya atau engga.

Oke akhirnya gue memutuskan untuk menunggu sampai jam 3. Sambil menunggu gue akhirnya memutuskan untuk sholat dzuhur dulu. Berhubung yang gue tahu mushola deket situ cuma ada di Braga City Walk, akhirnya gue pun beranjak sendiri kesana. Jaraknya gak terlalu jauh siy dari landmark, sekitar 100 meteran aja.  Tapi tapi... gue lupa musholanya terletak dilantai berapa. Akhirnya dengan ke-soktauan gue itu, gue pun memutuskan untuk naek sampai ke lantai 3. Duh agak khawatir juga siy soalnya di sana sepi banget. Dan gue pun memutuskan untuk bertanya pada salah seorang CS dimana musholanya berada. Setelah di kasih tau kalau mushola ada di lantai B1, alias di daerah basement, dan harus pake lift menuju kesana, akhirnya gue pun memutuskan mencari lift terdekat di daerah situ......

to be continued.....

0 komentar:

Posting Komentar

 

Septina Priyanti's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design