Minggu, 14 Februari 2010

One book: One story

Sejak gue TK, gue hoby sekali membaca buku, terutama buku cerita bergambar, dongeng, majalah bobo, dan novel. Beberapa tahun lalu sempat tertarik dengan novel berbahasa inggris. Tapi akhirnya gue menyerah, gak sanggup menghabiskan membacanya karena waktu itu gue sangat sibuk menghadapi UAN.
Setiap buku yang gue baca, memiliki sejarah dan kesan tersendiri... dan dibawah ini, gue bakal bercerita mengenai beberapa buku yang paling gue sukai..



Buku berjudul 'Beautiful Stranger' karangan Sasya Fitrina ini adalah buku yang paling gue suka. Ini adalah buku favorit gue yang pertama. Gue beli ketika duduk di bangku SMA kelas 3. Sebenernya buku ini emang bukan buku best seller yang selalu tampil di halaman depan etalase gramedia, atau ada di daftar buku best seller, gue pun bahkan menemukannya secara gak sengaja di deretan buku novel remaja yang hampir tidak terlihat. Entah kenapa begitu liat cover dan sinopsis ceritanya, bikin gue langsung sreg aja pengen beli buku ini. Dan ternyata benar, pelan" gue baca buku ini, dan akhirnya gue mulai ketagihan buat nerusin ceritanya. Alhasil karena dulu pas SMA kebiasaan gue sebelum bobo adalah baca, jadi aja buku ini gue habiskan dalam waktu semalam. Hehehe... ceritanya itu gue banget. Bukan karena ini sama atau mirip dengan keadaan gue, tapi entah kenapa ceritanya yang ringan dan penuh kejutan bikin gue nyaman saat membacanya. Dan yang paling gue suka adalah karakter si tokoh laki"nya, yang bernama Putra. Putra adalah cowok yang smart, cool, romantis tapi gak gombal, terlihat perkasa karena dia selalu berusaha melindugi ceweknya. Gue juga suka sama style nya putera yang tergambar di cover depan buku: berkacamata, potongan rambut rapi, casual dengan sneakersnya. Entah kenapa sejak saat itu, gue jadi suka dan sedikit terobsesi dengan sosok laki" seperti Putra. Buku ini jadi kenangan tersendiri buat gue. Karena ketika gue asyik membaca buku ini berkali-kali, waktu itu gue masih jadian sama Ajie, pacar pertama gue yang gue kenal lewat chatting. Dulu saking asyiknya baca buku ini berulang-ulang, gue kadang sampe lupa bales sms dia. Sampe akhirnya dia penasaran kenapa gue lama membalesnya, dan gue bilang lagi asyik baca novel. Gue masih ingat jawaban Aji ketika gue menjawab pertanyaannya, dan dia seketika langsung bilang bakal nyari n beli novel ini di gramedia, karena dia juga penasaran, novel jenis apa yang bisa sampe membuat gue sebagai pacarnya sampai bisa sedikit melupakan dia.

 
Buku novel kedua yang paling gue suka adalah buku karangan Djenar Maesa Ayu yang berjudul 'Nayla'. Buku ini juga sama bukan buku yang berada di deretan best seller, bahkan gue menemukannya di sebuah toko buku kecil, bukan di gramedia. Yang pertama membuat gue tertarik adalah tulisan 'Khusus Pembaca Dewasa' di sampul bukunya. hahaha.. ini karena jaman" SMA yang membuat gue ingin selalu tahu apa yang ada di pikiran dan kehidupan orang dewasa, dan gue mencoba mencari juga menelusurinya melalui sebuah buku novel. Buku yang gambar covernya ini terlihat simple, sebuah peniti yang terkait pada sesuatu ini, setelah diperhatikan lebih dalam ternyata peniti ini terkait pada kulit manusia. Hal ini berhubungan sama isi bukunya, yang menggambarkan pelecehan seksual pada Nayla gadis di bawah umur, yang dilakukan oleh ibunya sendiri. Yang membikin gue terbelalak adalah, diceritakan bahwa sejak kecil, Nayla telah disiksa oleh ibunya. Salah satu bentuk penyiksaannya adalah dengan mengaitkan peniti di kulit paha dan vagina Nayla. Serem banget gue waktu itu ngebayanginnya. Sampai sekarang juga masih gak bisa membayangkan kaya apa jadinya. Sejak saat itu, gue jadi tertarik dengan karya" Djenar, yang jujur, apa adanya, nyeleneh karena selalu berbicara tentang seks, diselipi kata" kotor, dan yang paling gue suka, adalah keberanian dia berimajinasi tentang sesuatu yang digambarkan secara unik. Buku Djenar lain yang gue punya adalah 'Mereka Bilang Saya Monyet', dan 'Cerita Pendek Tentang Cerita Cinta'.



Buku terfavorit gue yang ketiga adalah 'Kambing Jantan' karya Raditya Dika. Buku ini memang sangat jauh dari kesan serius dua novel sebelumnya. Buku catatan blog harian seorang pelajar ini menggambarkan kekonyolan sang penulis dalam kehidupan sehari-hari dan sifatnya sangat menghibur. Bisa membuat gue ngakak dan ketawa sendirian. Dari sini juga gue mulai ngefans sama Raditya Dika, apalagi kesukaan gue sama cowok berkacamata yang punya sense of humor tinggi ada di dalam sosok Dika. Dan selanjutnya gue pun mulai mengoleksi buku" lain karangan dia, dan sekarang gue tengah menantikan buku karangan 
terbaru darinya.
 


Buku yang terakhir ini adalah sebenernya bukan buku favorit gue. Tapi buku ini mengajarkan gue banyak hal. Buku Berjudul 'Be A Great Wife-Agar Dicintai Suami' ini sebenernya sepaket sama buku pasangannya ' Be A Great Husband-Agar Dicintai Isteri'. Buku ini adalah buku yang gue dan Tomy beli di sebuah toko buku di Jatos. Hmm.. lucu emang kenapa qta beli buku ini. Berawal dari niat kita untuk menikah muda, dan mulai mencoba memperbaiki diri, memperkaya pengetahuan diri dan mempersiapkan mental sebelum akhirnya qta menikah. Buku yang gue baca, berisi berbagai macam kriteria isteri solehah yang sesuai dengan al quran dan meceritakan berbagai karakteristik isteri nabi. Baca buku ini agak 'berat' untuk gue.Bukan berat karena isinya, tapi berat karena untuk menjadi isteri yang solehah memang tidak mudah. Disini dijelaskan bagaimana seorang perempuan begitu sempurnanya melayani sang suami, dan rasanya sangat jarang ditemukan di dunia nyata jaman sekarang. Gue sendiri merasa gak mampu untuk menjadi apa yang buku ini ceritakan. Kalau buku yang satunya yang dibawa Tomy, entah apa isinya, dia sendiri kayanya belum tuntas ngebacanya. Heheh... yah harapan gue semoga buku ini sangat berguna dan bisa membantu kita untuk menjadi suami dan isteri idaman. Semoga saja buku ini benar" bisa menjadi tuntutan dalam kita berumah tangga nantinya. Dan ALLAH selalu membimbing jalan kita menuju jalan pernikahan. Karena gue sangat menyayangi dia, dan ingin menjadi dia yang terakhir. :)


2 komentar:

  1. Terimakasih ya... udah menyukai buku pertama saya. Saya gak sengaja banget nemu artikel ini :)Terus terang sihh... semenjak buku kedua saya, saya udah lama banget gak nulis, sibuk sama kuliah. Tapi baca tulisan kamu bikin saya terharu banget, dan pengen banget nerusin nulis novel lagi :)

    Sekali lagi, makasih banyak ya :)

    BalasHapus

 

Septina Priyanti's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design